Senin, 02 Mei 2011

Potensi Tempat Wisata Bangunan Tua di Cirebon

Cirebon merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Dari segi usia lebih tua dibandingkan dengan ibukota RI, Jakarta.

berikut beberapa bangunan tua di cirebon :


1. Gedung Balai Kota, Wisata Cirebon
Tempat wisata sejarah ini berada di Jl. Siliwangi, sekitar 300 meter dari Stasiun Kejaksaan Cirebon. Gedung ini berdiri tahun 1927.
 
2. Gedung Bank Indonesia, Wisata Cirebon
Tempat wisata bangunan bersejarah ini berada di Jl. Yos Sudarso, Cirebon. Dulu bernama Javasche Bank, dibangun pada 1912 dan dikerjakan oleh biro arsitek Cuypers & Hulswit.

3. Gedung BAT, Wisata Cirebon
Tempat wisata bangunan bersejarah ini berada di Jalan Pasuketan, Cirebon, berdiri tahun 1924 dengan arsitek Cuypers.

4. Gedung Cipta Niaga, Wisata Cirebon
Berada bersebelahan dengan gedung Gereja Kristen Pasundan di Jl. Yos Sudarso, masuk ke sebuah jalan kecil, didirikan pada tahun 1911.

5. Gedung Mapolresta 851, Wisata Cirebon
Tempat wisata gedung tua yang berdiri tahun 1918, tempat wisata gedung bersejarah ini sebelumnya adalah Rumah Sakit khusus untuk orang pribumi di Cirebon.

6. Gereja Kristen Pasundan, Wisata Cirebon
Tempat wisata bangunan tua ini berada di Jl. Yos Sudarso No.10, Cirebon, merupakan sebuah bangunan tua yang menjadi cagar budaya kota Cirebon yang didirikan sekitar tahun 1788 M.

7. Gedung Gereja Santo Yusuf, Wisata Cirebon
Tempat wisata religi ini berada di Jl. Yos Sudarso, Cirebon, merupakan gereja katolik tertua di Jawa Barat, yang didirikan tahun 1878 oleh Louis Theodoor Gonsalves, dengan arsitek Gaunt Slotez.

8. Gedung Stasiun Kereta Api Kejaksan, Wisata Cirebon
Merupakan bangunan stasiun kereta api warisan Belanda yang didirikan pada tahun 1912, dikerjakan oleh biro arsitek Cuypers & Hulswit.



 sumber : http://aboutcirebon.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar